Jumat, Agustus 08, 2008

Sandro Diaz "The Word Champ"

“THE philosophy of skating is ‘fun’, what elsecan I say?", begitulah pendapat Dias tentang olahraga skateboard.

Tak banyak orang yang tahu kalau olahraga skate board lebih populer di Brazil ketimbang di Amerika. Di Brazil, Bob Burnquist, seorangatlet skateboard profesional dikatakan lebih populer daripada selebritimanapun. Meskipun legenda hidup sepakbola, Pele, berada di atasnya. Dan beradadi peringkat ke empat, dialah Sandro Dias, junior Bob Burnquist yang cool,kalem, dan murah senyum.

“THE philosophy of skating is ‘fun’, what elsecan I say?", begitulah pendapat Dias tentang olahraga skateboard yangditekuninya. Dalam dunia skateboard, namanya sangat dipuja. Prestasi Dias yangcukup fenomenal menjadikan dirinya legenda hidup bagi penggemar skateboard diBrazil.

Di Brazil sepakbola adalah dewa.Namun berkat Dias, skateboard menjelma menjadi salah satu olahraga yangmemiliki banyak penggemar. Hal ini karena prestasi Sandro Dias yang suksesmerengkuh gelar juara dunia skateboard lima tahun berturut-turut. Sejak tahun2003 hingga 2007 gelar juara dunia selalu menjadi milik Dias.

Sandro Dias memiliki style dan kekuatan yang unik, ia mampu meluncur di lintasan vert skate danterbang lebih tinggi dari siapapun. Karena itulah ia dijuluki sebagai ‘the kingof the 540’. Ia memiliki lebih dari 12 variasi gerakan berbeda yang berasaldari ‘the 540’.

Aksi-aksinya yang spektakulerseringkali disebut para komentator sebagai sesuatu yang gaib dan terkadang takmungkin dilakukan. Variasi putarannya dalam style 540 melebihi variasi skaters manapun. Ia pun dianggap mampu menjaga konsistensi kecepatan saat meluncurdalam tempo lama. Ia melakukan segalanya seakan-akan terlihat begitu mudah,sebuah bakat alami yang membuatnya disegani banyak orang.

Pada kejuaraan X Games tahun 2004,Dias mengejutkan banyak orang dan menjadi pusat perhatian saat melakukan trik‘The 900’ ala Tony Hawk yang sangat jarang bisa dilakukan oleh para skater pro lain. Dan ia melakukannya dengan sangat sempurna. Hal ini tak pelakmembuatnya meraih medali emas dengan gelar ‘Vert Best Trick’.

Namun fakta menarik lain menyatakan,sebelum Tony Hawk mempopulerkan ‘the 900’.. Sesungguhnya justru Sandro Dias-lahyang pertama kali melakukannya di arena kompetisi. Usai Latin X Games (9 Mei2004), Sandro disebut-sebut sebagai orang ketiga dalam sejarah yang mampumelakukan trik ‘the 900’.

Sandro Dias mengalahkan para atletskateboard beken seperti Bucky Lasek, Andy Macdonald, bahkan seniornya sendiri,Bob Burnquist. Untuk kemudian merebut medali emas di ajang X Games Los Angeles.Saat itu ia melakukan “the 900” yang hampir mustahil dilakukan, ‘backside 540’,‘a nar jar 540’, ‘heelflip’, dan ‘ollie’ yang sanggup memesona para juri danpenonton. Saat itu ia disebut-sebut sebagai calon raja skateboard masa depan.

Sandro Dias seringkali menyapubersih peringkat pada setiap kompetisi yang ia ikuti. Seperti X Games, VansInvitational, serta ajang-ajang lain di manca negara. Ia adalah master ‘Best Trick’ contests.


MAUT. Sandro Dias lahir di Santo Andre, Brazil, 18April 1975. Dias mengawali karierskateboard tahun 1987 saat berusia 12 tahun. Setahun sebelumnya ia mendapatkanskateboard pertamanya sebagai hadiah natal dari sang ayah. 10 tahun kemudian iamulai terjun di kancah profesional.

Saat berusia 11 tahun, Sandro kecildan temannya memasangkan sebuah ban dan skateboard bekas. Ia naik di atasnya,lalu menggunakan alat ‘tradisional’ itu untuk menuruni bukit. Selain itu iajuga sering meminjam skateboard kepunyaan tetangganya, dan mempelajaritrik-trik ringan seorang diri.

Ia membuat sebuah keputusan pentingdalam hidupnya saat memutuskan untuk pindah dari Santo Andre, Brazil ke SantaAna, Kalifornia demi mengejar karier-nya dalam dunia skateboard. Pengorbananitu ternyata berbuah manis. Sandro menyelesaikan musim 2003 dengan suksesbertengger di peringkat pertama dalam World Cup Skateboarding (WCS)

Hal ini karena ia mampu menyabetmedali emas berturut-turut di berbagai kejuaraan penting. Termasuk Latin XGames dan Slam City Jam di Vancouver, Kanada. Style ‘terbang’ Sandroyang unik dan menantang maut membuatnya menjadi salah satu atlet yangpenampilannya paling dinantikan.

Sandro sebenarnya mulai ikutberkompetisi di Eropa pada tahun 1997. Dua tahun kemudian, ia menjadi pesertareguler di ajang X Games dan Gravity Games. Cukup satu tahun, pada 2000, Sandromasuk 10 besar WCS. Tiga tahun kemudian ia memenangkan dua titel sekaligus,yaitu kejuaraan Eropa dan Dunia.

Kendati demikian, Dias tak pernahmenyangka akan menggeluti dunia skate profesional. Sandro bermain skate sekitar2-3 jam per hari. Namun semua hal itu dilakukannya bukan demi kontes ataumengasah keahliannya.

“Ini semua karena aku menyenanginya.It’s really fun. Aku bisa menghabiskan waktu dengan teman-temanku dilintasan skate. Inilah saat terindah dalam hari-hariku,” terang Dias yangdikontrak oleh Reef, Red Bull, LG, Oakley, Positiv dan Flyramp. Sebuah pendapatyang ringan, fresh, dan membuat kagumpara penggemar skate.

Diluar kesibukannya sebagai atlet,Sandro adalah orang yang sangat berdedikasi terhadap hal apapun dalam hidupnya.Ia adalah seorang pekerja keras dan mahasiswa yang tetap berjuang menyelesaikankuliahnya di jurusan Bisnis Manajemen. Selain itu ia bekerja sebagai karyawanpada perusahaan mineral ayahnya.

GOSIP. Tak seperti kalangan selebriti umumnya,kehidupan pribadi Sandro pun jauh dari paparazzi dan pemburu gosip. Ia dikenalsebagai seorang yang sangat patuh dan mengidolakan orangtuanya, terutama sangayah. Kehidupan cintanya pun tergolong tenang, jauh dari hiruk pikuk kehidupan jetset yang bertabur kemewahan dan blitz kamera.

Ia menjalin hubungan cinta yangcukup serius dengan Fabiola Da Siva, seorang atlet rollerblade yang cantik danberprestasi. Ternyata langkah ini menimbulkan sebuah rezeki, yaitu munculnya LGsebagai sponsor yang menyokong mereka dalam ‘LG Action Sports World Tour’.

Sandro dikenal sebagai seorang yangpantang menyerah dan tak mudah putus asa. Pada tahun 2006 di ajang LouisvilleDew Tour, Dias pernah menempati urutan ke 19 saat awal-awal turnamen. Namunmotivasinya yang begitu tinggi membuatnya sanggup terus menanjak. Sejumlahtriknya yang dinilai sangat berani, termasuk ‘backside 540’, membuat Sandrofinish di urutan ke 6.

Aksi-aksinya yang spektakuler diajang X Games menunjukkan pada khalayak, termasuk para jagoan skate, bahwaseorang Sandro merupakan ancaman yang akan mendominasi kejuaraan skate. Iadinilai hebat dalam trik apapun dan situasi bagaimanapun. FAISAL/Foto Istimewa


Prestasi
2007 Dew Tour,Orlando, FL - Vert: peringkat 8
2007 T-Mobile ExtremePlayground, Berlin, Germany - Vert: peringkat 4
2007 X-Games Mexico,Mexico City - Vert: peringkat 3
2007 X Games, LosAngeles, CA - Vert: peringkat 10
2007 WorldChampionship Of Skateboarding, Rotterdam, Netherlands - Vert: peringkat 2
2007 Mystic SK8 Cup,Prague, Czech Republic - Vert: peringkat 1
2007 Copenhagen Pro,Denmark - Vert: peringkat 2
2007 Asian X Games,Shanghai - Vert: peringkat 2
2007 Vodafone X-Air,Wellington, New Zealand - Vert: peringkat 1
2007 Oi Rio VertJam, Rio de Janeiro, Brazil - Vert: peringkat 1
2006 LG ActionSports World Championships, Dallas, TX - Vert: peringkat 2
2006 Dew TourOverall Standing - Vert: peringkat 2
2006 Dew Tour,Orlando, FL - Vert: peringkat 10
2006 Dew Tour, SanJose, CA - Vert: peringkat 2
2006 X Games, LosAngeles, CA - Vert: medali emas
2006 Dew Tour,Denver, CO - Vert: peringkat 2
2006 Action SportsWorld Tour, Richmond, VA - Vert: peringkat 1
2006 Global Assault,Melbourne, Australia - Vert Best Trick: peringkat 2
2005 Asian X Games -vert: peringkat 1
2005 X Games - Vert:Bronze Medalist, Best Trick: peringkat 4
2005 & 2004Asian X Games - Vert: medali emas
2005 Year-EndRanking (European): peringkat 1
2004 & 2003 VertYear-End Ranking (World): peringkat 1
2004 LG ActionSports Championships-U.S. Skateboarding Championships Vert Champion
2004 LG ActionSports Asian Tour, Shanghai, China: peringkat 1
2004 West 49Canadian Open: peringkat 1
2004 USSkateboarding Champs : peringkat 1
2004 MobileSkatepark Series, Sacramento, CA: peringkat 1
2004 X Games - VertBest Trick: medali emas
2004 MobileSkatepark Series, Dulles, VA: peringkat 1
2004 & 2003Latin X Games - Vert: medali emas
2003 LG ActionSports Championships-U.S. Skateboarding Championships -Vert: medali perak
2003 West 49Canadian Open - Vert: peringkat 3
2003 Vans TripleCrown Overall Ranking (Vert): peringkat 4
2003 X Games - BestTrick: medali perak
2003 Mystic SK8 Cup- Vert & Best Trick: peringkat 1
2003 Slam City Jam:peringkat 1
2003 Globe WorldCup: peringkat 1
2003 & 2002Gravity Games - Vert Best Trick: medali perunggu
2002 Tampa Pro -Vert: peringkat 1
2002 Latin X Games -Vert: medali perak
2002 X Games VertBest Trick - perak
2000 X Games VertDoubles - perunggu

Tidak ada komentar: