Jumat, Agustus 08, 2008

Game Skate


Setelah banyak sekali bermunculan sekuel-sekuel dari Tony Hawk, mulai dari Tony Hawk’s Pro Skater, hingga Underground dan Project 8, ternyata masih juga tidak mampu menggapai kesuksesan. Electronic Arts mengambil kesempatan ini dengan meluncurkan game skateboard terbarunya yang diberi judul “Skate”, dengan menampilkan kualitas grafis High Definition. Namun, dalam hal gameplay, mampukah Skate bersaing dengan Tony Hawk buatan Activision?

Create Your Own Skater

Memulai karir dalam game ini, kamu akan diminta untuk membuat karaktermu sendiri, sekaligus mendesain skateboard yang akan kamu gunakan. Kamu bisa mengubah penampilan karakter, mulai dari wajah, bentuk kepala, dan postur tubuh. Selanjutnya kamu harus memilih pakaian yang sesuai untuk karaktermu. Berikutnya adalah menambahkan sejumlah accessories yang ingin kamu gunakan, seperti wristband, belt, dan watch. Yang terakhir adalah mendesain papan skateboard untuk karaktermu sendiri. Kamu juga diharuskan untuk memilih stance karaktermu. Masing-masing jenis stance akan memberikan gaya bermain skateboard yang berbeda-beda. Kamu akan menjumpai berbagai macam NPC dengan stance yang berbeda-beda di sepanjang career. Setelah selesai membuat karaktermu sendiri, kamu bisa memulai karir, atau bermain secara bebas dengan menggunakan karakter yang telah kamu buat sebelumnya.

Neat Tricks

Seperti biasa, dalam bermain skateboard kamu harus melakukan berbagai macam trick untuk mengumpulkan score sekaligus membuat kagum pemain skateboard lainnya. Trick dasar dalam Skate dibagi menjadi 3 macam, yaitu Flips, Grinds, dan Grabs. Ketiganya masing-masing masih dibagi lagi menjadi Basic, Medium, dan Advanced. Basic tricks merupakan trik dasar yang sangat mudah untuk dilakukan. Penggunaan medium trick sedikit lebih sulit, dan advanced trick berisi trik-trik yang cukup sulit untuk dilakukan. Kamu tentu akan mempelajari semua trik yang ada mulai dari tingkat basic.

Flips merupakan trik yang membuat karakter membalik-balikkan papan skateboardnya di udara. Terdapat berbagai macam flips yang bisa kamu lakukan. Trik dasar yang paling mudah adalah melompat biasa, yaitu Ollie. Kemudian kamu juga akan diajari cara melakukan flip trick seperti Heelflip, Backflip, dan lain-lain. Grabs berisi trik-trik yang berhubungan dengan memegang skateboard maupun menjaga keseimbangan sewaktu berpegangan di tepi obyek seperti tembok dan pagar. Sedangkan grinds berisi trik-trik bermain skateboard dan meluncur di atas pagar besi dan sejenisnya.

Terdapat tutorial mode yang bisa kamu akses untuk mempelajari trik-trik yang ada dalam game ini. Namun, memulai karir juga akan memberikan tutorial yang sama pada bagian awal karir. Apabila seandainya kamu lupa cara melakukan salah satu trik yang sudah pernah diajarkan sebelumnya, kamu bisa mengulang kembali tutorial sebelumnya. Namun, apabila kamu tidak mau ambil pusing dan menunggu loading yang memakan waktu, bisa lebih cepat dengan cara mengakses trickbook yang disediakan. Buku ini berisi semua trik yang ada, serta menandakan trik-trik yang telah kamu pelajari dalam karir. Melalui buku ini pula kamu bisa melihat cara yang tepat untuk melakukan trik tertentu.



Setelah kamu mempelajari trik-trik dasar yang ada, selanjutnya kamu akan mendapat tutorial yang menjelaskan tentang bagaimana mengkombinasikan trik-trik yang ada. Sebagai contoh, ketika kamu akan diajari tentang cara melakukan Manual, kamu juga disuruh untuk mengawali manual tersebut dengan heelflip, jadi kamu harus mengkombinasikan heelflip dengan manual. Dalam game ini kamu juga akan menjumpai berbagai macam kombinasi lainnya, apalagi mengingat bahwa tempat yang bisa kamu jelajahi juga cukup luas dan obyek-obyek yang ada juga sangat bervariasi. Jadi kamu bisa mencoba mengkombinasikan sendiri trik-trik yang ada dengan memanfaatkan lingkuangan sekitarmu.

Stylish Controls

Kontrol dalam Skate cukup mudah untuk dikuasai. Dua tombol, yaitu A dan X digunakan untuk mempercepat laju skateboard, yang mana masing-masing merepresentasikan kaki kanan dan kaki kiri. Begitu pula dengan grab yang menggunakan tombol RT dan LT. Tombol RT akan membuat karakter memegang skateboardnya dengan menggunakan tangan kanan, sedangkan LT menggunakan tangan kiri. Kedua tombol ini bahkan juga bisa kamu tekan bersamaan sehingga karakter akan memegang skateboard dengan kedua tangannya.
Berikutnya adalah cara melakukan flips, yang bisa dibilang cukup mudah tetapi menyenangkan untuk dilakukan. Untuk berhasil melakukan suatu flip, kamu hanya perlu menggerakkan right analog stick ke arah yang benar, sesuai dengan flip yang ingin kamu gunakan. Sebagai contoh, untuk melakukan Ollie, kamu hanya perlu menggerakkan right stick ke bawah kemudian ke atas. Terdapat kombinasi lain seperti menggerakkan RS ke atas, kemudian bergerak 90 derajat ke kanan. Kombinasi untuk flip trick lainnya akan diajarkan melalui tutorial yang tersedia.

Grind juga tidak sulit untuk dilakukan, yang penting kamu bisa melompat dan mendarat di obyek yang ingin kamu gunakan untuk melakukan grinding dengan tepat. Apabila pendaratan tidak tepat ke atas obyek, maka karakter bisa saja terjatuh. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena untuk menepatkan karakter untuk melakukan grinding tidaklah sulit, pemain akan sedikit dibantu sehingga karakter lebih sering sukses dalam melakukan grinding.



It’s Time to Begin Your Skateboarding Career

Dengan menggunakan karakter buatanmu sendiri, kamu bisa memulai karir baru. Pada awal karir ini, kamu akan menjumpai beberapa NPC yang akan mengajarkanmu beberapa trik dasar. Kemudian kamu bisa mulai menantang NPC lainnya untuk menyelesaikan challenge yang ada, dengan menggunakan trik-trik yang telah kamu pelajari sebelumnya. Apabila kamu berhasil memenangkan suatu challenge, maka rating karaktermu akan meningkat. NPC lain akan mulai bermunculan. Beberapa dari mereka akan mengajarkan trik-trik baru yang lebih sulit, sekaligus lebih keren. Beberapa NPC lainnya akan memberikan challenge baru untuk kamu selesaikan.

Terdapat challenge di mana kamu diharuskan untuk saling mengcopy trik dengan seorang NPC lain. dalam setiap challenge terdapat restriction yang berbeda-beda. Sebagai contoh, suatu challenge hanya memperbolehkan kamu untuk berlomba dengan menggunakan flip tricks saja, dan tidak boleh mengulang trik yang sama. NPC tersebut akan melakukan sebuah trik, kemudian harus kamu copy. Apabila kamu berhasil, maka NPC tersebut akan menggunakan trik lainnya. AI dalam game terasa cukup pandai, sekaligus realistis, di mana NPC pada awal karir jauh lebih bodoh dibandingkan dengan pertengahan karir. Pada awal karir, NPC sering gagal melakukan trik karena terjatuh. Bahkan mereka juga kadang-kadang mengulang trik yang sama sehingga dianggap melanggar peraturan. Selanjutnya kamu akan bergantian memberikan trik untuk dicopy oleh NPC tadi. Apabila ia gagal meniru trikmu, maka ia akan mendapatkan huruf S. Lima kali mengalami kegagalan, ia akan mendapatkan kata SKATE, yang sakligus menunjukkan bahwa kamu telah memengangkan challenge ini.

Berhasil memenangkan suatu challenge, selain meningkatkan rating dan memunculkan NPC baru, ternyata juga memberikan sedikit uang yang kemudian bisa kamu habiskan untuk membeli pakaian, aksesori dan papan skateboard baru.

Selama karir berlangsung, kamu bisa dengan bebas menjelajahi kota yang dibagi menjadi 4 area, yaitu Suburbs, The Res, Downtown, dan Old Town. Keempat area ini masing-masing berisi NPC yang berbeda-beda, yang berarti juga berisi challenge yang berbeda-beda. Kamu akan memulai karir di Suburbs. Untuk pergi ke area lain, kamu bisa memanfaatkan fasilitas train station yang ada di tiap area.



Bermain dalam karir, kamu akan melihat adanya rumah sakit di kota ini. Dan ternyata karaktermu juga bisa masuk rumah sakit untuk diobati. Terdapat buku Injury Log yang didalamnya berisi catatan tentang berbagai macam kecelakaan yang pernah kamu alami. Jenis cidera ada tiga macam, yaitu bruised (memar), sprained (terkilir), dan broken (patah tulang). Kemudian juga terdapat catatan tentang bagian mana yang mengalami kecelakaan, apakah itu bagian kepala, tulang rusuk depan atau belakang, tangan, atau kaki. Masing-masing bagian tubuh akan dicatat berapa kali mengalami ketiga jenis injury yang telah disebutkan sebelumnya.

Dalam menjelajahi kota, kamu harus berhati-hati ketika menyeberang jalan. Terdapat mobil yang melintas setiap saat. Mobil-mobil di daerah suburbs tidak terlalu berbahaya, mereka akan segera berhenti apabila melintas karaktermu melintas di depan mereka. Berbeda dengan mobil-mobil di area lain yang lebih mewah, seperti Taxi dan Sports Car, mereka menganggap bahwa jalanan yang ada merupakan milik mereka pribadi, sehingga mereka seringkali mengebut di jalan dan tak jarang pula menabrak karaktermu ketika sedang menyeberang jalan dengan sembrono.

Play with Your Friends

Selain mode karir, juga ada freeskate yang bisa digunakan untuk bersenang-senang sekaligus untuk berlatih. Dalam mode ini, kamu bisa dengan bebas mencoba trik-trik yang ada di area pilihanmu, tanpa ada NPC yang memberikan challenge maupun tutorial.

Selain freeskate, juga ada mode Party Play, yang mana bisa dimainkan oleh 2 orang hingga 4 orang. Menggunakan mode ini akan memberikan objective yaitu mencetak score tertinggi dalam 3 kali kesempatan melakukan trik. Secara bergantian, masing-masing pemain akan diberi kesempatan untuk melakukan trik dan memperoleh score sebanyak mungkin. Tentunya mode multiplayer juga tersedia dalam game ini, yaitu melalui XBOX Live. Kamu bisa berlomba dengan pemain lain di seluruh dunia.



Meet the Other Skateboard Players

Developer telah menyediakan beberapa karakter yang bisa kamu gunakan dalam freeskate maupun party play. Mereka adalah Paul Rodriguez, Shingo, Eric, Joel, dan Fabio. Mereka bisa kamu gunakan apabila kamu bosan dengan karakter buatanmu sendiri. Selain kelima karakter tadi, ternyata masih terdapat beberapa karakter tambahan lainnya yang masih terkunci, seperti Alex Chalmers, Chris Cole, Ali Boulala, dan lain-lain. karakter-karakter tambahan ini harus kamu unlock terlebih dahulu sehingga dapat digunakan dalam mode freeskate dan party play.

High Definition Graphics

Kualitas grafis dalam Skate merupakan hal yang diunggulkan EA dibandingkan dengan sekuel Tony Hawks. Desain karakter nampak realistis, mulai dari wajah, postur tubuh, pakaian, hingga skateboardnya. Tekstur papan skateboardnya sangat detil, paint job terlihat jelas, juga bisa diubah sesuai keinginan pemain. Bahkan rodanya juga bisa kamu ganti.

Lingkungan tempat kamu bermain terlihat hidup dan penuh dengan obyek yang bisa kamu gunakan untuk melakukan trik. Seperti pagar besi, tepi atap gedung, tembok yang pendek, bahkan mobil yang ada di jalan, walaupun cukup berbahaya dan beresiko tinggi.

Clipping juga terasa sangat minimal dalam game ini. Karakter hampir tidak terlihat menembus, baik itu karakter lain, maupun obyek disekitarnya. Menabrak obyek akan membuat karakter terjatuh. Sebagai contoh, melakukan ollie untuk dilanjutkan dengan grind, ternyata kaki karaktermu tersangkut pada pagar, maka tubuh karaktermu akan terbalik dan terjatuh ke tanah. Animasi yang ditampilkan ketika melakukan berbagai macam trik boleh diacungi jempol. Para pemain skateboard dalam game jadi terlihat keren ketika sedang melakukan kombinasi trik yang sulit. Sayangnya tidak ada animasi mengambil kembali skateboard ketika telah terjatuh ke tanah, di mana karakter akan langsung berdiri kembali, siap dengan skateboard di kakinya.



Standard Sounds

Kualitas suara tidak tampil sebagus grafisnya. Musik seperti biasanya, disediakan EA Trax untuk memutar musik pada saat berada di menu. Sound effect terdengar cukup nyata, dengan suara mesin mobil di jalanan, suara NPC berbicara, suara roda skateboard yang bergesek pada besi, serta suara karakter yang terjatuh ke tanah dan berteriak kesakitan.

Worth to be Played

Secara keseluruhan, Skate berhasil tampil lebih baik dibandingkan serial Tony Hawks yang telah banyak bermunculan, khususnya dalam hal grafis. Dengan kontrol yang cukup mudah dikuasai, berbagai macam challenge yang disediakan akan mampu kamu selesaikan, bahkan challenge yang sulit sekali pun dengan beberapa kali mencoba. Apabila kamu telah lama memainkan sekuel Tony Hawks, maka tidak ada salahnya kalau kamu mencoba Skate buatan EA Games ini.

Score
Grafis: 9
Sound: 7
Gameplay: 8
Value: 8
Reviewer: 8

Jumlah DVD: 1 keping

Publisher: EA Games
Developer: EA Black Box
Genre: Sport
Release Date: 14 September 2007

kekuranganya :
1.yang pertama di game ini ga ada story mode
2.trus yg ke dua skater ga bisa ngambil papan trus berjalan kayak di dlm game tony hawks.....lagi pula klo udah jatoh ga ada ekspresi badan buat jaga keseimbangan hasilnya malah keliatan kayak orang mati

So,lu pilih game yang mana?
Tony Hawks pro skater atau game baru yang bisa dimainkan x box sama ps3 ini?

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Shandy Ini Kan Pacar Sejatinya Neng Nike Ardilla (Almh)??Damang Kang..
#BellArdilla