Rabu, Juli 30, 2008

Trucks

Trucks

Truk, atau poros roda, adalah benda tempat roda dipasang dalam skateboard. Truck adalah alat yang berfungsi untuk menstabilka ataupun berputar. Untuk mengenal merekn herakan skateboarding pada saat kita melakukan rina lebih jelas, kita dapat memulai dengan mengetahui bagian-bagiannya : ada empat bagian truk, yaitu : axle, kingpin, bushing, dan base plate.

base plate adalah bagian yang paling dasar dari suatu trucks(catatan : pada saat merakit trucks,pastikan kingpins sudah terpasang!!! Jika tidak melakukan ini, pada saat kamu belajar one way, kemudian berbelok, sudah dipastikan kamu akan jatuh). Kingpin adalah baut besar yang menjulur ke atas bagian trucks dari base plate. Ini adalah baut yang bisa anda atur untuk membuat truk anda lebih longgar atau lebih kencang. Bushing, atau peredam karet ialah benda yang dipasang pada kingpin untuk pengencang trucks dan untuk penahan guncangan. Bushing biasanya dijual bermacam-macam berdasarkan keras lemahnya. Penggunaan dan pengaturan yang salah dapat membuat bushing pecah/rusak. Saat mereka rusak, maka akan susah untuk dikencangkan. Untungnya,Shorty 's dan beberapa perusahaan lainnya menjual bushing pengganti yang berbeda tingkat kekerasannya, sehingga kamu bisa membuat truk kamu senyaman mungkin dengan mengganti bushingnya dengan yang lebih lemah ataupun kencang. Hangar adalah adalah bagian terakhir dari teka teki trucks ini. Ini adalah bagian dimana kamu melakukan grind. Ini berhubungan erat dengan kingpin dan juga bushing. Hangar bercabang dua sebagai tempat memasang roda. Masalah paling sering yang berhubungan dengan truk adalah masalah dikenal sebagai "roda slip". Contohnya pada saat kamu melakukan kickflip dan tidak sempurna dalam pendaratan, dan dan rodamu slip (shit!),dalam artian salah satu atau dua roda kamu slip karena menhyentuh deck. Jika tidak memakai peralatan pelindung dan hal ini terjadi, kamu bisa menyelamatkan diri dari cedera terburuk dengan cara mengguling-gulingkan badanmu pada saat jatuh menyentuh tanah. Tips yang mudah memang, tapi sangat sulit melakukannya apabila kita berada pada situasi tersebut.

Jangan pernah dengarkan pendapat orang mengenai nyaman tidaknya trucks kamu! Faktanya, nyaman tidaknya suatu trucks itu berbeda tiap2 orang. Gampangnya, carilah atau buatlah trucksmu senyamanmu. Beberapa orang ada suka pada truk yang benar-benar kencang, beberapa orang lebih menyukai trucks yang longgar. Hal ini berbeda untuk tiap2 orang. Beberapa orang menyukai trucks yang longgar karena mudah untuk trick berputar, sedangkan beberapa lagi lebih menyukai truck yang kencang untuk melakukan trick flip (karena lebih aman dengan trucks kencang pada saat pendaratan trick flip, tapj kalau menurut aku lebih penting adalah perputaran) Kebanyakan orang menyukai truck belakang yang kencang, hal ini berpengaruh kepada stabilitas ollie. Tetapi semua itu kembali pada dirimu, yang mana menurutmu yang lebih nyaman.

Tentu saja, salah satu faktor yang paling penting dalam menentukan trucks adalah menentukan berat ringannya. Logjkanya tak ada yang ingin menggunakan trucks berat yang akan membuat mereka kesusahan sendiri. Iya kan?? Beberapa perusahaan sudah menemukan cara untuk membuat trucks yang ringan, tapi memiliki daya tahan yang lama. Grind Kings dan Thunders memiliki trucks yang lebih ringan jika dibandingkan dengan Indipendent dan Destroyer yang memiliki trucks yang lebih berat. Standar berat trucks adalah antara 1-3 kg. Tapi jika kamu mendapatkan trucks seberat 0,6 kg, dan kamu merasa nyaman dengan itu, Why Not? Tapi coba kamu memejamkan mata kamu dan pegang dua-duanya, dapatkah langsung kamu mengetahui perbedaan beratnya? Kebanyakan trucks juga berbeda dalam hal lebar. Yang mana yang lebih enak menurutmu? Seandainya terlalu besar, kamu akan seperti seekor kura-kura, dan jika terlalu kecil, kamu tidak akan melihatnya pada saat kamu meluncur. Sebaiknya kamu bandingkan dulu lebarnya trucks dengan lebar deckmu, cocok apa tidak kalo disatukan?

Beberapa waktu lalu, ada banyak variasi berbeda antar trucks, untuk memberikan sedikit perbedaaan dalam skateboardmu. Misalnya, Trucks Tensor menawarkan sepotong plastik di base plate, untuk memudahkanmu dalam melakukan tailslide ataupun noseslide. Banyak perusaahan pemproduksi truck yang menyediakan trucks dalam bentuk yang "tinggi" maupun "rendah", dengan cara meninggikan ataupun merendahkan kingpin, yang bisa mempengaruhi kenyamanan dalam melakukan trick grind tentunya. Beberapa perusahaan juga menawarkan garansi anti slip roda. Seperti sepatu, kamu juga akan memerlukan waktu beberapa hari untuk membiasakan diri untuk membiasakan diri dengan mereka. Setelah beberapa hari kamu baru akan mengetahui trucks seperti apa yang kamu sukai dan seperti apa yang tidak kamu sukai. Jika trucks tersebut terasa tidak nyaman untukmu, jangnlah dipaksakan menggunakannya.


Apakah uraian ini dapat membantu kamu??

Tidak ada komentar: